Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Kebanyakan orang, minum air putih ketika merasa haus saja. Padahal, dalam sehari setidaknya Anda perlu minum 8 gelas air, dan lebih banyak lagi jika melakukan aktivitas berat atau berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Walaupun Anda bisa minum kapan saja, ternyata ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebelum tidur karena memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Air adalah komposisi yang paling banyak membentuk tubuh. Oleh karena itu, tak heran jika Anda selalu mendengarkan anjuran minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan.
Namun saat ini, banyak orang yang masih belum menerapkan anjuran tersebut.

Kebanyakan dari mereka hanya mengonsumsi air putih ketika mereka merasa haus saja, padahal tubuh juga membutuhkan cairan meskipun Anda tak merasakan haus.

Agar tubuh Anda semakin sehat dan baik, Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur, karena kebiasaan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan jika minum air putih sebelum tidur.

Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari
Jika Anda kurang minum pada siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk menjaga status cairannya.

Apalagi, selama 7-8 jam Anda tidur malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun. Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang berdiet, Anda bisa membiasakan kebiasaan ini untuk membuat diet Anda lebih cepat berhasil. Pasalnya, rasa lapar sering kali muncul pada malam hari mendekati waktu tidur.

Minum air putih sebelum tidur akan mencegah Anda mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik.

Membantu membersihkan tubuh
Manfaat minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi saja, tapi juga mencegah Anda dari gejala sembelit atau permasalahan pencernaan lain.

Pasalnya, usus membutuhkan air untuk membentuk feses agar lebih lunak dan mudah keluar dari tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, tekstur feses menjadi lebih keras dan susah melewati anus. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami sembelit.

Mencegah terjadinya sakit kepala
Jika sebelum tidur Anda tidak minum, keesokkan harinya bisa jadi Anda bangun dalam kondisi haus. Selain itu, kurangnya cairan tubuh, bisa membuat kepala terasa sakit saat bangun tidur. Guna mencegah sakit kepala pada pagi hari, Anda bisa mengandalkan manfaat minum air putih sebelum tidur. Asupan cairan tubuh tetap terjaga dan kemungkinan besar mencegah Anda dari sakit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *